Rani WILWATIKTA Ke-3

SRI TRIBHUWANATUNGGADEWI MAHARAJASA JAYAWISNUWARDHANI di dharma kan sebagai PARWATI.  Arca ini berasal dari : Candi RIMBI, Desa Pulosari, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.  Yang saat ini menjadi koleksi dari : MUSEUM NASIONAL INDONESIA, Jakarta.

Garbhopatti Nama :

DYAH GITARJA (Prasasti Kertarajasa, 1305)

Abhiseka Nama :

DYAH TRIBHUWANA WIJAYATUNGGADEWI MAHARAJASA (Negarakretagama)

Raja Abhiseka Nama :

SRI TRIBHUWANATUNGGADEWI MAHARAJASA JAYAWISNUWARDHANI (Piagam Berumbung, 1329)

 

Raja Winisuda : 1329 (Negarakretagama)

Masa Pemerintahan : 1329 – 1351 (Negarakretagama dan Prasasti Singhasari, 1351)

Rajakula : RAJASA Wangsa

Meninggal Tahun : 1371 (Pararaton)

Dicandikan di Candi Pantapura dan diarcakan sebagai Dewi Parwati, di Desa Panggih, Trowulan, Jawa Timur.

 

Nama Ayah :

SRI MAHARAJA KERTARAJASA JAYAWARDHANA

Raja Majapahit (WILWATIKTA) Ke-1

 

Nama Ibu :

SRI GAYATRI DYAH RAJAPATNI

 

Nama Suami :

KERTAWARDHANA BHRE TUMAPEL

 

Nama Anak :

1. DYAH HAYAM WURUK

2. BHRE LASEM

3. BHRE PAJANG

 

Catatan :

Lahir dari istri keempat SRI MAHARAJA KERTARAJASA JAYAWARDHANA yaitu : SRI GAYATRI DYAH RAJAPATNI adalah putri dari raja terakhir Kerajaan Singhasari : SRI KERTANEGARA.

Adalah Raja Putri / Prabhu Stri / Rani Majapahit (WILWATIKTA) yang pertama.

Beliau adalah saudara tiri dari Raja Majapahit (WILWATIKTA) Ke-2 : DYAH JAYANEGARA dan mempunyai adik kandung bernama DYAH WIYAT yang ber-abhiseka DYAH WIYAT RAJADEWI MAHARAJASA, serta sepupu bernama ADITYAWARMAN.

Ketika kakak tirinya DYAH JAYANEGARA menjadi raja, beliau dijadikan penguasa / Rani di Jiwana / Kahuripan bergelar DYAH TRIBHUWANA WIJAYATUNGGADEWI BHRE KAHURIPAN sedangkan adiknya menjadi penguasa / Rani di Kadiri bergelar DYAH WIYAT RAJADEWI MAHARAJASA BHRE DAHA. (Negarakretagama dan Pararaton)

Pada saat DYAH JAYANEGARA (Raja Ke-2) meninggal, yang paling berhak atas tahta Majapahit adalah DYAH GAYATRI. Karena beliau adalah Trah langsung Rajasa Wangsa dan satu-satunya istri KERTARAJASA JAYAWARDHANA (Raja Ke-1) yang masih hidup.  Akan tetapi karena DYAH GAYATRI saat itu mentasbihkan dirinya sebagai bikhuni (pendeta Budha) maka beliau mewakilkan tugasnya kepada putri sulungnya DYAH TRIBHUWANA WIJAYATUNGGADEWI. (Negarakretagama)

Pemerintahan DYAH TRIBHUWANA WIJAYATUNGGADEWI dikenal sangat kuat dan tegas.  Bahkan beliau dikenal sebagai Panglima Perang Wanita satu-satunya dalam Rajasa Wangsa : “Rani WILWATIKTA yang gagah berani keluar dari lingkungan Istana memimpin langsung penumpasan pemberontakan di Sadeng dan Keta di dampingi sepupunya ADITYAWARMAN”.  Pada masa pemerintahannya, Majapahit memperluas kekuasaan (penundukkan Nusantara) yang dilaksanakan oleh Patih Amangkubumi GAJAH MADA memenuhi sumpahnya yang terkenal “SUMPAH AMUKTI PALAPA”. (Negarakretagama)

Beliau pula yang mempertunjukkan “Kearifan Politis Kekuasaan” dengan mengundurkan diri dari tahta sehubungan meninggalnya DYAH GAYATRI selaku pemberi mandat.  Menyerahkan tampuk kepemimpinan kepada putranya DYAH HAYAM WURUK dan kembali ke posisi awal sebagai Rani di Kahuripan / Bhre Kahuripan.  Tetapi beliau tetap dimintai nasehat oleh Raja DYAH HAYAM WURUK dan Patih Amangkubumi GAJAH MADA dalam Dewan Raja yang disebut SAPTAPRABHU RI WILWATIKTA (7 Raja Utama pengendali kebijakan pemerintahan di WILWATIKTA). (Negarakretagama)

SRI TRIBHUWANATUNGGADEWI MAHARAJASA JAYAWISNUWARDHANI di dharma kan sebagai PARWATI.  Arca ini berasal dari : Situs BHRE KAHURIPAN, Desa Panggih, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Yang saat ini menjadi koleksi dari : THE METROPOLITAN MUSEUM OF ART, 1000 5th Avenue, New York, NY – USA

 

One comment on “Rani WILWATIKTA Ke-3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s