Tentang kami

INDONESIA adalah negeri dengan berjuta keindahan, baik alam ataupun budayanya. Dalam upaya mengabadikan hasil-hasil karya terbaik yang pernah dimilikinya, diperlukan suatu museum yang merekam semua peradaban miliknya.  Dikarenakan karya peradaban tersebut telah tersebar ke seluruh dunia, maka saya berupaya mengumpulkannya dalam situs web ini.  Pembuatan museum secara fisik jelaslah membutuhkan biaya dan tenaga yang amat besar, diharapkan dengan adanya museum online ini dapat meminimalkan segala keterbatasan yang ada serta memberikan akses seluas-luasnya kepada segenap masyarakat Indonesia ataupun masyarakat dunia yang meminatinya.

Harapannya, dengan mengetahui keberadaan karya peradaban bangsa INDONESIA, segenap anak keturunan INDONESIA akan mempunyai kebanggaan atas budayanya yang tinggi dan dikagumi dunia. Bagi masyarakat dunia, tentunya hal ini menjadi masukan yang tidak kalah pentingnya guna memahami peradaban INDONESIA.  Sampai detik ketika blog museum ini dibuat, ratusan ribu artefak INDONESIA tersebar di seluruh dunia menjadi koleksi museum manca negara ataupun kolektor pribadi. Tetapi saya yakin, kekayaan budaya yang mengalir kental di darah setiap bangsa INDONESIA akan senantiasa mampu melahirkan karya-karya baru yang sama unggulnya bila disejajarkan dengan karya leluhurnya.

DEDDY ENDARTO (deddy.endarto@gmail.com) untuk : WILWATIKTA (Majapahit) online museum (wilwatikta.onlinemuseum@gmail.com)



25 comments on “Tentang kami

  1. SUATU PERJUANGAN YANG LUAR BIASA yang telah dilakukan bpk Deddy Endarto … semoga banyak manfaatnya untuk kita dan anak turun kita …… kalau dilihat dari jejak2 peninggalan indonesia tempo dulu, 500 SM sudah ada perhiasan dan patung …. besar kemungkinan indonesia tempo dulu merupakan kerajaan besar ,,,, mungkin juga benua atlantis yang hilang !!!

  2. akhirnya saya menemukan informasi yang handal mengenai bumi nusantara..terima kasih pak Deddy atas pencerahannya dan tetap semangat

  3. “Negara yang besar adalah Negara yang tidak melupakan jasa-jasa pahlawannya”

    Blog yang apik, menampilkan ragam kekayaan nusantara… Sangat terkesan saya membacanya…
    Smoga blog ini dapat jadi referensi dan museum untuk anak cucu bangsa ini. Agar mereka tidak tahu akan sejarah bangsanya… Bangsa yang pernah ditakuti di hampir seluruh dataran Asia. Bangsa yang pernah menjadi peradaban paling tinggi…

    Sukses untuk Bung Deddy…

  4. Mayoritas Rakyat Indonesia adalah Rakyat yang hina, tidak menghargai peninggalan leluhur, hanya memikirkan keuntungan sesaat, padahal peninggal bersejarah itu memiliki energi yang membangun kejayaan Indonesia di masa lalu. INILAH PENYEBAB RUNTUHNYA KEJAYAAN INDONESIA !!!! BANGUN SAUDARAKU, AYO KITA SELAMATKAN PENINGGALAN LELUHUR KITA !!!!!!

    • Terima kasih kepada para penulis WILWATIKTA, semuanya sangat menarik.

      @Gerakan Aktivis Nasional (GAN)

      Mayoritas Rakyat Indonesia adalah Rakyat yang hina??? Kalau tidak salah penduduk Indonesia itu kurang lebih 243 juta jiwa. Apakah anda telah mengenal mereka satu persatu sehingga seenaknya mengatakan mereka mayoritas Rakyat yang hina? Karena pengertian saya orang yang hina adalah:

      1) Orang-orang yang korupsi
      2) Para pembunuh
      3) Para pelaku semua bentuk kejahatan yang ada
      4) Orang-orang yang hanya bisa memberi vonis tanpa alasan atau tanpa penelitian terdahulu
      5) …

      Kalau dikatakan mayoritas dari Bangsa Indonesia tidak mengetahui tentang adanya pencurian benda bersejarah yang terdapat di beberapa musium di luar negri itu lebih tepat, karena mayoritas penduduk Indonesia mengalami kesulitan ekonomi, jadi wajar saja kalau mereka lebih mementingkan mencari nafkah untuk menyambung hidup dari pada memikirkan benda bersejarah. Tapi sekali lagi perbuatan semacam itu bukanlah perbuatan hina. Yang wajib di pertanyakan adalah orang-orang yang berwajib dan bertugas dalam perlindungan benda bersejarah tapi tidak menjalankan tugasnya dengan baik sehingga hal diatas itu terjadi. Kalau dikatakan mereka mayoritas hina, sama sekali tidak tepat, karena tidak mengetahui bukanlah perbuatan hina. Seandainya saja ekonomi Indonesia benar-benar merata, pasti Rakyatnya akan memiliki banyak waktu untuk memikirkan hal-hal lain termasuk sejarahnya. Jadi ketidak tahuan para Rakyatnya disebabkan situasinya dan lingkungannya yang tidak memungkinkan berpikir dalam hal itu. Jadi kesalahan sedikit banyaknya terletak pada pemerintahnya bukan pada rakyatnya sehingga demikian.

      Mr. Paijo, terima kasih atas Link nya, dan tolong kalau ada link tentang Indonesia atau semacamnya, post kan di yahoo ya? Saya suka baca tentang Indonesia. Dan saya tetap bangga berdarah Indonesia karena saya yakin jika diadakan penelitian Rakyat Indonesia tidak mayoritas Rakyat yang hina bahkan sebaliknya!!!

  5. negeri yang telah melewati kesempurnaan dan kesimbangan namun terlupakan oleh bangsanya sendiri.

  6. saya sangat takjub dengan peninggalan -peninggalan peradaban masa lampau kita yang sangat luar biasa, barang2 tersebut menunjukkan tingkat kreatifitas dan filosof yg sanggat tinggi pada masa itu.. betapa pedihnya hati ini melihat ternyata barang itu tak berada di negeri sendiri. saya sangat salut dengan usaha panjenengan pak Deddy Endarto. yang membuat museum online yg sangat bermanfaat ini.. terima kasih banyak pak ,berkat bapak saya tahu banyak..wujud barang2 masa lalu yg ingin sekali saya ketahui. setelah mengikuti forum2 sejarah di grup2 dunia maya.. dan praduga saya benar,ternyata barang2 berharga ini mungkin sudah berada di pasar gelap maupun diluar negeri sana,…mungkin di mojokerto banyak sekali pengepul barang antik gelap yg diselundupkan,dan dijual untuk memenuhi asap dapur semata ..padahal barang@ tersebut tak ternilai harganya.dan sangat tak layak untuk ditukar sepiring nasi.. saya juga mohon ijin mengambil sebagian foto dari museum ini untuk saya sebar luaskan di facebook saya.dengan tujuan memberi tahu para teman dunia maya agar tidak lupa tentang sejarah mereka dan dari mana mereka berasal sehingga tidak terpengaruh budaya asing yg kini lambat laun semakin merebak luas sedangkan budaya lokal semakin terpinggir ,padahal orang2 barat mulai berbondong bondong mempelajari budaya kita yg luar biasa ini…dengan tetap menjadikan museum online ini sebagai sumbernya….sekali lagi saya salut dengan pak Deddy Endarto..atas usahanya menelusuri sampai sedetail ini. semoga tidak selesai sampai disini,dan tetap up to date barang2 yg blum panjenengan temukan.tetap semangad 🙂

  7. AGAMA,…
    MENJADIKAN MANUSIA MENGENAL DIRI,
    TERBUAT DARI APA DIRINYA

    SEJARAH,…
    MENJADIKAN MANUSIA MENGENAL DIRI,
    DIMANA AWAL MENAPAK BUMI DISITU LANGIT DIJUNJUNG.
    ………………………………………………………………………………….
    SEJARAH KEJADIAN MASA LALU NUSANTARA ADALAH
    MANFA’AT ILMU BAGI INSPIRASI BANGKITNYA JIWA MANUSIA INDONESIA,
    MENATA KEMBALI DAN MEMELIHARA KEHIDUPAN NEGERINYA.

    ***CINTA PADA TANAH AIR ADALAH BAGIAN DARI IMAN***

  8. sangat menarik blok nya pak, dan patut diapresiasi dan didukung. sy jg punya cukup banyak koleksi benda pusaka terutama keris hasil tarikan yg memang saya koleksi pribadi di kantor, itu dulu juga karena rasa prihatin saya melihat banyaknya benda pusaka yg byk diperjual belikan dihampir semua pasar loak terutama keris 2 buatan mpuh lama (tua) . sungguh sangat disayangkan…aplg kalau sampai jatuh keluar negeri. alangkah tragisnya kalau kita atau anak cucu kita besok hanya bisa melihat pusaka peninggalan leluhurnya di musium2 luar negeri atau jadi koleksi orang luar. andai kata mau kita bikin musium khusus tentang berbagai pusaka bangsa ini….monggo pak deddy saya siap kerjasama dan dengan senang hati untuk menyumbangkan koleksi2 saya. untuk info saja, semua koleksi saya adalah hasil tarikan yg selalu saya ambil dari peninggalan asli para raja2 jaman dulu dan pusaka pegangan para raja yg mungkin dahulu hilang atau sengaja tidak diwariskan,dan 100% peninggalan sejarah (lama bukan buatan mpuh modern). selain itu ada beberapa pusaka yg merupakan buatan mpuh aslinya yg pertama, seperti sengkelat koleksi saya adalah asli buatan mpuh supo yg kata sejarah konon bahan besinya masih ada campuran besi tongkat atau kaki kursi rosulullah pemberian sunan ampel yg kemudian dijadikan keris oleh Mpuh Supo dan diberikan kepada Prabu Brawijaya (Insya Allah ). saya sendiri hanya mengerti sedikit pada keris atau pusaka,namun karena saya bangga mengoleksinya maka sampai saat ini semua koleksi saya masih terawat rapi luar dalam. yg mau tukar info bisa email ke ubaysinto@yahoo.com. salam hormat dan tabik pak deddy.

  9. Saya baru menemukan situs blog ini, wwaaahhh keren abis….melalui perkembangan teknologi, semakin mempermudah kita mendapatkan informasi guna melestarikan peninggalan masa lampau Nusantara, dlm bentuk fisik dan nonfisik..sukses buat blog ini,,,

  10. nah ini blog yang saya cari…. sungguh hebat peninggalan zaman dahulu. saya sangat memerlukan informasi yang sangat penting untuk bahan kajian seni rupa saya, dan blog ini sangat membantu saya, sukses pak. trims, R.Bg. Ananta Hari Noorsasetya.

  11. Saya ingin mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pak DEDDY karena sudah membuat blog museum online ini. Informasi yang ada sangat membantu saya yang selalu haus dengan informasi tentang kejayaan negeri kita di masa silam. Saya lahir dan besar di Bandar Lampung. Di tempat saya sangat sulit mencari buku-buku tentang kerajaan-kerjaan kuno di Indonesia, begitu pula untuk mengunjungi situs/candi yang sangat jauh tempatnya dari tempat saya. Meskipun begitu alhamdulillah saya pernah mengunjungi candi Borobudur, Situs Gunung Padang dan Situs Liyangan (Temanggung). Sebenarnya saya ingin sekali mengunjungi candi-candi yang lain tetapi karena keterbatasan dana dan waktu sangat sulit untuk mewujudkannya. Alhamdulillah sejak Desember 2009 saya bekerja di sebuah pebarik sepatu milik perusahaan asing dan sejak itu saya mempunyai kesempatan menggunkan internet secara gragis. Semenjak itulah saya sering menggunakan waktu istirahat/waktu luang saya dengan mencari-cari informasi tentang kejayaan negeri kita di masa silam melalui dunia maya. Dengan adanya museum online milik Pak DEDDY ini saya bisa melihat benda-benda warisan nenek moyang kita yang sangat menakjubkan dan informasi-informasinya sangat membantu sekali untuk menambah wawasan saya.

    Saat ini saya sedang membuat sebuah novel dengan latar berlatar belakang kerajaan kuno di Indonesia. Mohon izinnya jika nanti ada beberapa data yang ada di blog ini saya kutip, tentu dengan tetap menyebutkan sumber aslinya (https://wilwatiktamuseum.wordpress.com). Harapan saya novel ini bisa menggugah anak-anak bangsa untuk bisa lebih mencintai negerinya, mewarisi semangat juangnya dan dapat membuatnya bisa berjaya kembali. Novel ini sudah saya buatkan darfnya sejak tahun 1997 pada saat saya masih duduk di kelas 3 SMP namun baru mulai saya ketik akhir 2012 ini. Saya menunda pembuatan novel ini karena belum lengkapnya data-data yang saya perlukan, terutama data tentang Majapahit, Pajajaran, Sriwijaya, Barus dan Atlantis. Data yang ada di blog ini cukup membantu saya untuk melengkapi pengetahuan saya tentang majapahit yang belum saya dapatkan sebelumnya. Sekali lagi saya ingin mengucapkan terikasih atas hadirnya blog ini….

  12. Saya sangat berharap selain museum Wilwatikta, ada film Animasi Wilwatikta yang nantinya ditayangkan di TV yang mengisahkan Wilwatikta sejak awal berdiri. Saya dan masyarakat lain akan diajak ke suasana masa lampau dan tentunya akan bangga dapat menyaksikan kejayaan Wilwatikta. Bangunlah Wilwatikta,… kami menantimu!

  13. TERIMAKASIH ATAS APA YG ANDA PERJUANGKAN DAN ANDA KERJAKAN.SEBUAH PEMBELAJARAN DGN KWALITAS TULISAN ,GAMBAR YANG SARAT INFORMASI DGN TANGGUNG JAWAB ILMIAH YG KUAT.MENJADIKAN KITA LEBIH BERISI DAN MENGERTI TENTANG WAWASAN SEJARAH DAN WARISAN BUDAYA KITA.SELAMAT BAPAK,DENGAN APA YGTELAH DAN SEDANG ANDA KERJAKAN.SEMOGA MENJADI AMAL PENJENENGAN.

  14. Jika masa lalu kau anggap terkubur
    Bersiap-siaplah kehilangan kebanggaan
    Jika masa lalu kau anggap kenangan
    Bersiap-siaplah menjadi bangsa yang bodoh
    Jika masa lalu telah kau abaikan
    Bersiap-siaplah kehilangan kehormatan
    Jika masa lalu tidak mampu kau pahami
    Bersiap-siaplah menjadi bangsa yang tertinggal

  15. sukses terus pak DEDI ENDARTO saya suka bacanya dengan begini sedikit demi sedikit mengerti sejarah mojopahit…

  16. om, suasti astu, majapahit adalah cerminan budaya bangsa yang adi luhung. masalahnya pemimpin kita tidak sanggup menerapkan apa yang patih gajah mada, laksanakan dalam asta brata kepemimpinan hindu. rahayu,rahayu,rahayu. om santi,santi,santi, om

  17. Mudah2 blog ini beguna bagi kita semuah anak bangsa indonesia yang belom tau sejara indonesia dan ingin tau. muda2 juga isinya sesuai dgn sejarah yg sesungguhnya. Sukses buat bung dedy

  18. om swastyastu….hy qw salah satu keturunan majapahit dari r.ng.kramaleksana….oh ya….qw berterima kasih banget buat dedy,yg udah buat blog ini!!!!

  19. Terima kasih Untuk Museum Online ini saya mengis dan terharu… betapa besarnya karya indah dari leluhur kita…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s